Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Kamis, 15 November 2007

Dapat email Konfirmasi Pendaftaran?

Posting kali ini akan saya gunakan untuk membahas tentang pengiriman email. Dari beberapa email yang masuk ke inbox saya, yang berterimakasih (terima kasih kembali - Penulis)ataupun meminta pengiriman email tentang tutorial photoshop. Saya ingin menjelaskan bahwa saya tidak pernah mengirimkan email seperti itu. Jika Anda mendapatkan email informasi judul-judul posting yang telah saya update pada blog ini, itu merupakan pengiriman email otomatis dari www.feedburner.com. Email tersebut dikirimkan ke alamat inbox email Anda karena Anda telah mendaftarkan alamat email Anda sebagai reader dari blog ini.

Fasilitas tersebut fungsinya adalah untuk mempercepat dan mempermudah Anda mendapatkan informasi update terbaru dari sebuah blog atau website yang Anda sukai. Jadi untuk mengetahui, saya sudah posting lagi, atau sudah ngupdate lagi, atau belum, Anda tinggal melihat isi inbox email Anda. Nggak perlu tiap saat membuka blog ini, kecuali ada tulisan/artikel yang mungkin ingin Anda baca lagi. Tapi, ngomong-omong, saya sendiri senang juga kalo Anda selalu membuka blog ini, jadi fotoku yang ngganteng> disebelah selalu nongol di depan Anda. :)

Bagi yang sudah melakukan pendaftaran dengan mengisikan alamat email Anda, namun belum mendapatkan email update dari blog ini, silahkan dicek dulu pada inbox Anda, apakah disitu terdapat email dengan judul Konfirmasi Pendaftaran: Tutorial Photoshop. Jika ya, silahkan klik link yang ada pada isi email tersebut. Itu fungsinya untuk mengecek apakah email tersebut benar-benar milik Anda.

Setelah itu, jika saya memposting artikel baru, ataupun melakukan update pada artikel lama, Anda akan mendapatkan email yang dikirimkan oleh Feedburner.

Namun apabila Anda merasa bosan atau terganggu dengan kiriman email tersebut, Anda bisa melakukan pembatalan dengan cara mengeklik link Unsubcribe yang ada pada sebelah bawah email tersebut.

Jika Anda pengin membuat sendiri Konfirmasi dengan email tersebut, Anda bisa mendaftar dulu di Feedburner. Untuk memulai pendaftaran, klik register disebelah atas. Isikan informasi nama username, password, alamat email, dan yang paling pokok adalah alamat url blog atau site Anda. Mungkin tip ini sudah basi, udah tercium dari baunya...oh maaf... ternyata yang bau justru saya sendiri (baru inget, udah 2 hari belum mandi). Walaupun cuma tip dasar banget, gpp, karena yang saya ketahui tentang blog, website, ataupun apa saja seputar internet juga masih sedikit. Saya masih newbi soal internet.

Setelah Anda terdaftar di Feedburner, langkah berikutnya adalah melakukan optimalisasi pada feed dari blog Anda tersebut. Yang biasanya saya lakukan adalah mengatur setting pada Browser Friendly, Smartfeed, dan Pingshot. Udah tau pingshot, ternyata itu sebuah makanan.

Kemudian untuk membuat form pendaftaran seperti yang saya sebutkan diatas, Anda bisa memilihnya pada bagian Email Subcriptions.

Secara default, tulisannya berbahasa Inggris, jika Anda mendapatkan email konfirmasi dalam bahasa Indonesia, itu karena saya ketik sendiri terjemahannya (metode penerjemahan saya versi bebas, jadi menerjemahkannya asal agak nyambung aja).

Sekali lagi terima kasih bagi yang sudah jadi reader saya. Jika ada pertanyaan yang sifatnya umum, yang berkait dengan posting/artikel yang saya tulis, harap ditulis saja dalam form komentar. Pertanyaan dan komentar yang sifatnya pribadi bisa dikirimkan ke email saya (alamat email ada pada data profile saya di sebelah atas kanan dari tulisan ini).