Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Minggu, 22 Juni 2008

Bookmark pada feed

Karena materi tutorial Photoshop sudah saya pindah, maka layanan pengiriman judul-judul artikel yang diupdate pada blog ini, yang biasanya dikirimkan ke email juga turut saya pindah. Berikut juga account email reader juga sudah saya pindah. Untuk blog ini sendiri, saya belum membuat account lagi di Feedburner dalam hal pengiriman email update-nya. Sebenarnya yang dikirimkan ke email Anda itu adalah feed dari blog ini.

Feed itu sendiri, kalau menurut keterangan dari Wikipedia adalah seperti berikut ini:

...adalah suatu format data yang digunakan untuk melayani isi yang sering diperbarui. Distributor isi mensindikasikan suatu umpan web dan mengizinkan para pengguna untuk berlangganan.
... Jenis muatan yang disampaikan oleh umpan web umumnya adalah HTML (isi halaman web) atau pranala ke halaman web dan berbagai media digital lain. Seringkali suatu situs web yang menyediakan umpan web hanya menyertakan ringkasan pada umpan web mereka dan bukan isi lengkapnya.


Jika Anda menggunakan koneksi internet sendiri, dalam arti Anda bisa menggunakan komputer yang sama tiap kali nge-net, Anda juga bisa membuat sebuah bookmark sendiri pada setiap blog yang Anda senangi. Bisa juga saat Anda menggunakan browser yang portable, jadi walaupun Anda nge-net di warnet tetap mempunyai browser sendiri.

Yang kali ini akan saya bahas hanyalah yang menggunakan browser Mozilla Firefox, pada browser lain kira-kira ya sama saja.
Dari pada Anda harus tiap kali membuka situs / blog tersebut sekedar untuk melihat update artikel / post yang baru, Anda bisa melihatnya dengan mem-bookmark saja feed-nya.

Pada gambar dibawah ini, saya contohkan sebuah icon feed dari blog ini, kliklah icon tersebut, yang biasanya selalu ada pada sebelah kanan di navigation toolbar dari setiap blog.

gambar cara boorkmark feed 1
Kemudian, jika pada blog tersebut terdapat lebih dari satu macam feed, misalnya pada blog ini ada dua, yaitu atom dan rss, Anda bisa memilih salah satunya.

Selain dengan cara klik pada icon tersebut, secara alternatif Anda juga bisa menuliskan langsung alamat feed-nya. Yaitu:
http://NAMA-BLOG-ANDA.blogspot.com/feeds/posts/default
atau
http://NAMA-BLOG-ANDA.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss
Untuk situs blog yang dengan domain sendiri bisa berbeda, tergantung programnya apa yang digunakan.
Misalnya pakai wordpress:
http://NAMA-SITUS/feed
Bisa juga (kira-kira) seperti ini, karena untuk jomla / mambo saya kurang begitu paham:
http://NAMA-SITUS/index.php?option=com_rss&feed=RSS2.0&no_html=1

Kemudian akan muncul halaman yang tampilannya seperti ini:

gambar cara boorkmark feed 2
Kliklah tombol Subscribe Now.

Kemudian akan muncul pilihan untuk meletakkan bookmark tersebut.

gambar cara boorkmark feed 3
Setelah feed tersebut Anda bookmark, maka bisa anda lihat dengan cara mengeklik menu Bookmark pada Mozilla Firefox. Hasilnya seperti gambar dibawah ini. Jika yang muncul adalah tulisan ..Loading, maka tunggulah sebentar sampai muncul feed-nya.

gambar cara boorkmark feed 4
Dengan cara seperti ini, semoga Ada tidak ketinggalan informasi update dari blog-blog favorit Anda.

Kemudian, mungkin timbul pertanyaan, jika Anda menemukan sebuah feed sebuah blog yang isinya hanya rangkuman artikel dan disaat lain anda temukan feed yang lengkap seluruh detil artikelnya. Cara pengaturannya akan coba kita bahas lain kali.

0 komentar: