Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Kamis, 17 April 2008

Saya pindah ke www.mbahdewo.com

saya pindah ke domain baruSeperti judul post diatas, blog tutorial Photoshop ini saya pindah ke nama domain yang baru sekaligus hostingnya. Alamatnya yang baru adalah http://mbahdewo.com/. Alamatnya yang baru saya tulis juga di judul post tersebut, dengan harapan jika Anda tidak bisa membuka blog ini, Anda sudah mengetahui alamatnya. Entah kenapa situs-situs yang dihosting di blogspot sering tidak bisa dibuka. Ini sudah saya rasakan sejak seminggu yang lalu. Sampai ngontak beberapa teman, dan hasilnya sama. Mereka juga tidak bisa membuka blog-blog mereka.

Sudah sejak beberapa waktu lalu saya mempunyai keinginan untuk memindahkan blog ini ke hosting sendiri. Tapi itu tidak segera saya lakukan. Baru mulai minggu kemarin saat situs-situs yang berada di blogspot susah dibuka, keinginan itu muncul lagi.

Dan pada minggu kemarin, alhamdulillah, saya dapat rejeki dari Adbrite sehingga mempunyai sedikit sisa uang. Yang kemudian saya sisihkan untuk membeli nama domain sekaligus hostingnya. Sebenarnya ceknya juga belum dicairkan, nunggu kalau sempat pergi ke bank Niaga, tapi nggak apa-apa karena pembelian ini sama teman sendiri, mbayarnya besok kalau ketemu pas di angkringan.

Rencana semula blog yang baru tersebut akan saya isi dengan materi yang baru, yang di blog ini belum ada, atau membuat revisi-revisinya. Namun karena waktu itu saya juga ingin mencoba fasilitas Import dari platform blog lain ke Wordpress, akhirnya malah dalam dalam waktu kurang dari 1 menit seluruh isi blog ini sudah otomatis pindah kesana. Tidak hanya isi post tapi juga seluruh komentar yang sudah ada (mulai sore tanggal 14 April 2008, jadi komentar yang di-post sesudah itu tidak ikut masuk kesana).

tampilan mbahdewodotcom

Cara memindah domain dari blogspot ke domain sendiri


Sebenarnya jika kita ingin memindahkan blog kita ke nama domain dan / atau hosting di tempat lain, Blogger sudah menyediakan fasilitasnya. Namun itu tidak saya lakukan, karena memang nggak tahu bagaimana caranya, soalnya keterangannya tidak begitu jelas dan saya tidak tahu apa yang nanti akan terjadi pada indek blog ini di search engine. Jadi manual wae redirek-nya :) .

Berlanggan update dengan Email
Tentang pengiriman judul-judul post dan update terbaru melalui email, baru saya usahakan untuk mentransfer account email Anda semua ke blog yang baru tersebut. Jika berhasil maka Anda tidak perlu melakukan pendaftaran lagi di blog baru tersebut. Namun jika tidak bisa, maka untuk berlangganan update terbaru tersebut Anda harus mendaftar lagi pada www.mbahdewo.com (untuk saat ini form pendaftarannya belum saya buatkan disana, nunggu jadi atau tidak transfer account ini).
Update (tanggal 20 April 2008)
Account email para pelanggan/pembaca sudah saya transfer ke blog baru tersebut, jadi bagi yang sudah mendaftar tidak perlu mendaftar lagi di sana. Mulai saat ini, jika ada kiriman informasi update datangnya dari mbahdewo.com.

Perubahan aturan penggunaan
Pada blog tersebut saya melakukan beberapa perubahan aturan penggunaan blog. Berikut ini beberapa perubahannya:
  1. Komentar
    Untuk dapat memberikan komentar, karena platformnya berbeda (saya menggunakan Wordpress), Anda harus mengisikan nama, dan alamat email, serta nama blog / situs (jika ada).

  2. Pertanyaan / komentar ke email saya
    Pertanyaan yang terkait dengan Photoshop ataupun tutorial lain harus dimasukkan dalam form komentar, untuk sementara ini saya tidak melayani pertanyaan melalui email. Hal ini karena kebanyakan pertanyaan yang masuk ke email sebenarnya akan bermanfaat bagi para pembaca yang lain jika dimasukkan sebagai komentar. Email hanya akan digunakan untuk pertanyaan yang sifatnya pribadi, dalam arti Anda tidak mau pertanyaan/komentar tersebut diketahui secara umum.

    Saya juga tetap menyediakan fasilitas chatting dengan Yahoo Messenger di blog baru tersebut. YM tersebut silahkan dipergunakan sebagai media untuk menghubungi saya secara online. Jika mengajukan pertanyaan, harap dibuat agar spesifik tentang topik pertanyaan. Namun harap diingat bahwa mungkin kondisi saya saat melayani chatting baru dalam kondisi sibuk jadi harap bersabar menunggu jawaban, dan jangan melakukan BUZZ! Karena saya tidak suka dengan itu. Dan saya harap untuk membaca dulu blog saya, baik itu halaman tutorial ataupun profile saya, sebelum menanyakan sesuatu yang mungkin sudah jelas ada di blog tersebut, misalnya siapa nama saya, dari mana asalnya, dsb.

  3. Perubahan lain
    Jika ada perubahan aturan lain, maka akan saya tambahkan disini.

  4. Tentang kelanjutan blog ini
  5. Untuk selanjutnya, blog ini tetap saya aktifkan, namun materinya akan saya ubah. Arah perubahannya masih saya pikirkan mau menuju kemana.

2 komentar:

sky_key mengatakan...

halo bos...
saya cuman mo ucapin makasih, bos dah banyak ngebantu saya, saya bener-bener belajar dari anda Bos.. sekarang saya dah tau sedikit tentang penggunaan adobe photoshop cs3..
tapi kalo boleh kasih saran, tambahin lagi gambar-gambarnya ya...:) biar saya tambah ilmunya,,he,,
makasih ya bos..
thnx berat..

Sadewo mengatakan...

Buat sky_key: Terima kasih atas komentarnya. Saran Anda akan saya jadikan bahan pertimbangan. Tapai kalau tentang Photoshop, silahkan dibaca di mbahdewo saja, yang di blog ini materi Photoshop-nya saya kurangi.