Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Minggu, 21 Januari 2007

Membuat seleksi dengan path

Sebuah cara yang efektif untuk membuat seleksi pada photoshop adalah dengan menggunakan path. Path yang dimaksudkan disini adalah sebuah garis yang dibentuk dengan pen tool, atau sebenarnya bisa juga dibuat dengan memanfaatkan seleksi yang sudah ada. Kalau mengubah dari seleksi yang sudah ada, relatif lebih sulit, karena pasti ngedit per titiknya akan lebih banyak.

Berikut ini cara untuk membuat seleksi dengan path pada photosop:


  1. Pilih Pen tool pada toolbox-nya photoshop

  2. Pada option bar, pilihlah path dari tiga pilihan yang ada (shape, fill pixel, path). Jika menghendaki munculnya garis pada saat membuat gambar, pilih juga rubber band (pada option bar, sebelah kanan, di gambar segitiga kecil yang namanya geometri option).

  3. Buat gambar garis path seperti garis seleksi yang akan dibuat. Tiap klik akan membuat sebuah garis bersambung, jika ingin garis yang melengkung, klik-nya ditahan sambil digeser mouse-nya.

  4. Garis path yang sudah selesai, bisa diedit lagi dengan Direct Selection Tool (letaknya diatas Pen Tool, di tool box). Untuk menambah titik, klik kanan pada garis path, pilih Add Anchor Point. Untuk menghapus titik, klik kanan pada titik, pilih Delete Anchor Point.

  5. Jika path sudah jadi, path bisa dijadikan seleksi. Dengan menggunakan pen tool atau direct selection tool, klik kanan pada gambar (tidak harus tepat pada path), pilih Make Selection



Harap diingat bahwa untuk membuat path pada photoshop sebagaio seleksi, path yang ada hanya ada satu. Karena bila dibuat path yang baru, maka path ini akan menghapus path yang terdahulu. Jika menginginkan ada lebih dari 1 path, maka buat dulu path yang baru dari menu Window > Path untuk menampilkan palet path. Buatlah path yang baru dari palet ini.

Path untuk membuat seleksi ini hanya efektif pada seleksi pada bidang/gambar yang pinggirannya solid, tidak efektif jika tepian seleksi yang akan dibuat berbentuk halus atau abstrak, misalnya menyeleksi rambut, bulu, asap, atau yang lainnya.

2 komentar:

rahmad mengatakan...

sanyang ya bahasanya bahasa inggria saya tidak tahu. saya sarankan anda pasarkan di kumpulan artikel komputer di www.ilmukomputer.com

Sadewo mengatakan...

to rahmad: Iya, sejak dulu lupa mau mbikin versi bahasa Indonesianya. Ini udah kutulis yang Indonesianya. Soal ke ilmukomputer, mungkin besok aja lain kali kalo udah sempat aku posting kesana. Soalnya aku mbikin blog ini sebenarnya juga sebagai "playground"ku (makai istilahnya Mas CosaAranda).