Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Kamis, 14 Juni 2007

Image Adjustment atau New Layer Adjustment ?

penyesuaian warna dengan new adjustment layer pada photoshop imageManakah yang lebih enak dan tepat digunakan saat kita menyesuaikan warna dengan adobe Photoshop, apakah dengan menggunakan pilihan menu Image > Adjustment, atau dengan membuat New Layer Adjustment? Jawabannya adalah terserah Anda disesuaikan dengan kebutuhan pewarnaan itu sendiri.


Dengan menggunakan menu Image > Adjustment, maka kita akan mempunyai lebih banyak pilihan penyesuaian warna. Pengaturan warna yang dilakukan akan diterapkan hanya pada layer yang aktif. Cara ini pas digunakan jika penyesuaian warna memang hanya ditujukan pada satu layer saja dan bersifat permanen (dalam arti bahwa kita tidak ingin mengubah atau mengatur langkah pewarnaan lagi).


New Layer Adjustment imageGambar: New Adjustment Layer
Pada gambar diatas nampak pilihan menu New Adjustment Layer
yang ditampilkan setelah icon "Create new fill or adjustment layer" diklik.


Sedangkan dengan menggunakan New Layer Adjustment, langkah penyesuaian warna dengan mudah kita rubah lagi (bisa dilakukan dengan cara melakukan klik 2x pada gambar layer thumbnail-nya di palet layer). Namun perlu diperhatikan bahwa pengubahan warna yang kita lakukan akan berpengaruh pada semua layer yang berada pada urutan sebelah bawah dari Adjustment Layer. Langkah pengubahan warna dengan Adjustment Layer ini akan sesuai jika penyesuaian warna yang kita inginkan memang diharapkan dapat mempengaruhi semua layer.

Catatan: New Adjustment Layer juga bisa ditampilkan dengan memilih dari menu Layer > New Adjustment Layer > ...

0 komentar: