Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Jumat, 20 Juli 2007

Menambah jumlah "undo" pada Photoshop

Petunjuk PhotoshopPada post kali ini akan kucoba untuk membahas tentang penambahan jumlah undo atau langkah yang bisa diulang pada Adobe Photoshop. Sebagaimana yang sering kita alami saat menggunakan photosop, untuk mengulang langkah yang sudah kita lakukan adalah dengan menekan tombol Ctrl+Z (undo) atau Alt+Ctrl+Z (step backward). Step backward bisa dilakukan sebanyak 20 kali. Jumlah langkah yang bisa diulang ini sebenarnya bisa ditambah. Caranya sebagai berikut.


Jalankan program Adobe Photoshop, kemudian pilihlah menu Edit > Preference > General. Setelah muncul kotak dialognya, ubahlah angka pada kotak isian History States. Biasanya angka yang ada disini adalah 20, ubahlah sekendakmu sesuai dengan jumlah langkah yang diinginkan.

Petunjuk Photoshop menambah jumlah undoGambar dalam lingkaran merah adalah nilai History State yang bisa diubah

Kemudian klik OK untuk menerapkan pengaturan tadi.

Tetapi harap diingat bahwa semakin banyak angka yang diisikan, kerja komputer juga akan terpengaruh saat menggunakan photoshop. Jadi sebelum mengubah nilai ini cek dulu memori komputernya, kalau memorinya nggak banyak-banyak banget (sekitar 128 mb kebawah) nggak usah dipaksakan untuk menambah nilai History States tersebut.

0 komentar: