Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Senin, 06 Agustus 2007

Membuat seleksi kotak dalam ukuran tertentu

Salah satu tool seleksi pada photoshop adalah Marque. Salah satu dari Marque ini adalah Rectangular Marque. Tool ini biasanya digunakan untuk membuat seleksi dalam bentuk kotak. Yang akan kubahas dalam post kali ini adalah bagaimana cara membuat sebuat seleksi kotak dalam ukuran yang sudah kita tentukan.


Caranya sebagai berikut:

Setelah kita memilih Rectangular Marque tool, lakukanlah pengaturan pada option bar. Pada kotak pilihan Style, terdapat tiga pilihan, yaitu: Normal, Fixed Aspect Ratio, dan Fixed Size.

Pilihan Normal adalah pilihan default yang sudah selalu aktif dan mungkin sudah biasanya kita gunakan saat menggunakan Photoshop.

Sedangkan pada pilihan kedua, yaitu Fixed Aspect Ratio, digunakan jika kita ingin membuat seleksi kotak dalam perbandingan atau skala tertentu. Nilai perbandingannya bisa diisikan pada kotak isian Width dan Height. Isikan disini angka yang kita inginkan sebagai perbandingannya. Setelah itu, saat kita membuat seleksi, maka ukuran seleksi akan selalu sebesar perbandingan / skala yang kita tentukan.

Membuat seleksi kotak dalam perbandingan atau skala tertentu

Pilihan yang ketiga adalah Fixed Size. Pilihan ini digunakan kalau kita ingin agar seleksi yang kita buat mempunyai ukuran yang sudah pasti. Ukuran yang bisa digunakan adalah dalam satuan pixel, inchi, centimeter, milimeter, picas, point, dan persen. setelah kita mengisikan nilai pada kotak isiannya, maka saat kita klik di gambar untuk membuat seleksi, seleksi pada photoshop tersebut pasti mempunyai ukuran yang sudah kita isikan tadi.

Membuat seleksi kotak dalam ukuran tertentu

0 komentar: