Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Minggu, 25 November 2007

Alternatif pencari uang di internet

Google Adsense selama ini merupakan salah satu contoh sebuah layanan periklanan yang sudah banyak membantu memberi tambahan penghasilan bagi para webmaster. Namun selain Google Adsense, sebenarnya masih banyak beberapa alternatif lain yang melayani periklanan. Sudah saya kumpulkan beberapa dari situs tersebut, sekitar 170an jumlahnya kalo tidak salah hitung.

Daftar tersebut saya buatkan dalam bentuk pdf, agar tidak terlalu panjang untuk ditulis disini. Silahkan didownload pdf-nya di http://www.sendspace.com/file/u84ms5.

Namun harap berhati-hati sebelum Anda mendaftar/mengikuti setiap program yang ditawarkan. Baca setiap FAQ/Term of Service dengan teliti dan hati-hati, seperti yang pernah dianjurkan oleh Isnaini, atau Cosa Aranda.

Saya sendiri hanya mengikuti beberapa saja. Dari beberapa program periklanan yang saya ikuti, terdapat link referal saya di sidebar sebelah kanan tulisan ini. Misalnya yang dari Adbrite, Etology, atau ClixSense.

Beberapa lagi tidak saya cantumkan link referalnya, karena mereka memang tidak mempunyai program referal. Beberapa lagi malah baru ndaftar dan masih bingung mau ditempatkan dimana iklannya, karena tidak mempunyai blog dengan topik yang sesuai ataupun yang diperbolehkan TOS-nya.

Dari daftar yang ada pada file pdf tadi, tidak satupun yang merupakan link referal saya. Demikian juga, saya tidak bertanggung jawab jika earning/payment Anda tidak dibayarkan, atupun di-banned dan sejenisnya. Saya tidak bermaksud nakut-nakutin, tapi memang ada banyak situs periklanan yang disinyalir tidak membayarkan payment, menyunat payment, atau bahkan sampai yang disinyalir membawa virus. Use it at your own risk (...kayaknya seperti itu tulisannya).

Saya membuat daftar ini untuk memberikan informasi tentang alamat situs layanan periklanan. Namun perlu diingat bahwa mencari uang di internet iu juga tidak semudah yang dibayangkan, tidak cukup duduk-duduk santai di depan komputer, semua tetap perlu waktu, perjuangan, kerja keras, dan kadang-kadang juga perlu modal uang.

0 komentar: