Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Jumat, 02 November 2007

Penghilang Noda

Dari judulnya, seperti deterjen saja. Namun sebuah fasilitas dari Adobe Photoshop yang akan kita bahas ini fungsinya memang seperti itu, yaitu menghilangkan noda pada sebuah gambar. Tools yang akan dibahas ini adalah Healing Brush. Tehnik ini sebenarnya sudah sering dibahas namun, tetap saya tulis disini sebagai masukan bagi para peminat foto digital ataupun gambar-gambar di komputer. Juga mengingat bahwa tools ini, Healing brush, bisa merupakan sebuah solusi yang bisa digunakan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar perbaikan kondisi foto.

Beberapa fungsi dari Healing Brush ini misalnya untuk:

  • Menghilangkan jerawat
  • Memperbaiki foto yang robek atau terlipat
  • Menghilangkan watermark/tulisan copyright sebuah gambar *)

*) Ini termasuk tidak etis dilakukan, dan saya harap tidak Anda lakukan.

Untuk membantu Anda latihan, berikut ini saya sertakan sebuah fotoku sendiri. Jadi nggak usah susah-susah mencari foto berjerawat. :)

Tutorial photoshop healing brush
Pada foto diatas, ada banyak jerawat (malah terlalu banyak) yang akan kita hilangkan.

Untuk menghilangkan jerawat tersebut, ataupun noda-noda pada foto, gunakanlah antara Clone Stamp Tools atau Healing Brush Tools. Cara penggunaannya mirip, namun pada post kali ini akan saya batasi dulu pada penggunaan Healing Brush.

Langkah penggunaannya:
  1. Pilih Healing Brush tools pada tool box-nya Photoshop
  2. Tentukan sebuah area pada gambar yang berkondisi baik, ini akan kita gunakan sebagai sumber gambar. Dalam gambar contoh agak susah, saking banyaknya jerawat. :(
  3. Setelah Anda menentukan areanya, lakukan Alt + klik pada area tersebut.
  4. Sapukan pointer pada area yang akan kita perbaiki.

    Tutorial photoshop healing brush
  5. Pada saat menyapukan pointer ini, perhatikanlah bahwa ada dua titik pointer yang bergerak bersamaan. Titik lingkaran adalah sumber gambar, sedangkan titik plus adalah area yang akan diperbaiki.
    Jangan sampai titik sumber sampai masuk ke area-area yang lain yang tidak kita inginkan sebagai sumber gambar. Jika sumber gambar sudah tidak mecukupi, ulangi langkah 3 pada area yang bisa kita gunakan sebagai sumber gambar.
    Sesaat setelah Anda melepas tombol mouse, maka area yang kita bersihkan sudah menampakkan hasilnya. Ulangi seperti itu hingga gambar sudah Anda bersihkan.


Sebagai contoh, bisa dilihat perbedaan pada kedua gambar dibawah ini, antara yang terawat dan yang tidak terawat.

Tutorial photoshop healing brush
Walah.. ternyata bisa juga untuk mencukur kumis.

5 komentar:

Augusto mengatakan...

mas..saya pengen sekali belajar photoshop tapi dari basic banget.. bs
saya dapat infonya?? makasih sebelumnya.. saya pake Photoshop CS 2..

devina mengatakan...

bedanya sama clone stamp apa ya mas?

Sadewo mengatakan...

Buat Augusto: Sejak dua posting saya yang terakhir sudah mulai saya arahkan ke basic. Dari beberapa email, sms yang saya terima, memang kebanyakan meminta tentang basic dari photoshop. Dan saya secara pribadi mengimbau teman-teman yang juga menulis tutorial photoshop untuk lebih banyak lagi menulis tentang tehnik dasar photoshop. Mari bersama-sama kita amalkan ilmu/pengetahuan yang sudah kita punyai.


Buat Devina: Clone stamp akan menerapkan keseluruhan kondisi gambar baik warna dan teksturnya. Tool ini cocok digunakan untuk benar-benar menutup gambar asli dengan sumber gambar. Sedangkan Healing brush mempunyai kemampuan meleburkan warna/tekstur antara sumber gambar dengan tempat yang diperbaiki.

Dedee Huang mengatakan...

wah2...

jauh lebih gantengan ya.. hehehe

NURROHMAN mengatakan...

mau nanya nich..!! kalo ngedit photo yang gambarnya pecah (blur) gimana yach??.... makasih sebelumnya