Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Minggu, 30 Desember 2007

Buku Photoshop yang bagus

buku photoshopPada post kali ini, saya ingin menuliskan judul-judul buku Photoshop yang bagus. Saya sendiri jarang membeli buku Photoshop, apalagi akhir-akhir ini, ke toko buku saja jarang sekali. Saya juga mempunyai beberapa buku Photoshop. Buku tersebut judulnya Tip dan Trik Adobe Photoshop 7, nama pengarangnya Rachmad Hakim S. Penerbitnya kalau tidak salah adalah Elex Media.

Selain buku tersebut, ada juga buku-buku photoshop yang lain. Misalnya Rahasia membuat berbagai efek dengan photoshop 5.5, karangan Herman Lukito, buku ini membahas efek-efek Photoshop yang bagus. Kemudian ada lagi, Adi Kurniadi, beliau ini menulis buku tentang cara penggunaan Photoshop untuk fotografer digital, judulnya Panduan Visual Photoshop 7 untuk Fotografer, seri 1-3 (kalau sekarang mungkin sudah sampai seri 4). Beliau juga menulis buku Photoshop, judulnya Cara mudah menguasai Photoshop 7. Dulu pengin beli buku ini, tapi setelah nyari di toko-toko buku di kota Yogyakarta nggak pernah nemu bukunya.

Saya sendiri dulu pernah berkeinginan untuk menulis buku Photoshop sendiri. Namun pada saat saya sedang menulis buku tersebut, saya mengalami perceraian dengan istri saya, dan semangat untuk menulis buku tersebut terhenti di tengah jalan. Beberapa artikel yang ada pada blog Tutorial Photoshop ini ada juga yang merupakan artikel dalam buku saya tadi, walaupun bahasa dan gambar contohnya berbeda.

Cara memilih buku photoshop yang bagus


Jika Anda pergi ke toko buku kemudian menemukan banyak buku Photoshop, maka apa yang akan Anda lakukan? Jawabnya tentu sederhana, yaitu: beli. Namun manakah buku yang seharusnya Anda beli, tentu saja itu harus dipilih. Saran saya, carilah buku yang paling memberikan detil yang Anda inginkan. Lihat juga nama pengarangnya, apakah dia seorang yang terkenal ahli dibidang buku tersebut? Cobalah cari dulu informasi yang anda inginkan di internet, karena ada juga model-model buku yang cuma mengumpulkan bahnnya di internet.

Namun jika Anda memang mempunyai banyak uang, beli saja semuanya yang Anda mampu. Membeli buku itu seperti sebuah investasi yang mampu membuat kita pandai dan tambah pemahaman. Tentunya setelah dibeli harus dibaca juga, jangan cuma dikoleksi.

Saya ingin menuliskan banyak judul buku photoshop yang bagus sekaligus nama pengarangnya, namun karena minimnya informasi yang saya punyai, maka saya tidak dapat menuliskan semua judul buku Photoshop yang bagus. Kali ini saya mohon bantuan teman-teman dan para pembaca semua untuk berbagi judul buku Photoshop yang dianggap bagus, kalau bisa juga disertai keterangan yang lengkap. Silahkan di-sharing di form komentar. Makasih.

Catatan:
Post kali ini juga sekaligus untuk menjawab pertanyaan Mas Rofi (+819033....) tadi malam. Maaf, alamat email Anda tidak terbaca jelas di HP saya.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

kalau yang photoshop CS2 atau 3 yang bagus buku apa ya mas

Sadewo mengatakan...

Buat JhonieMaaf, saya sudah lama tidak jalan-jalan ke toko buku. Jadi tidak tahu judul buku-buku photoshop yang baru.

Boedjang Senang mengatakan...

Buat mas Sadewo thank's banget tas tutornya soal aku seneng banget blajar PS.
Sukses selalu.