Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Kamis, 20 Desember 2007

Membuat wallpaper kalender sendiri

Membuat wallpaper kalender sendiri dengan photoshopMau tahun baru, sudah punya kalender baru belum? Pada tutorial photoshop kali ini akan saya bahas tentang pembuatan kalender dengan photoshop. Tapi kalender yang akan kita buat ini bukan jens kalender yang dicetak, namun lebih saya tujukan untuk digunakan sebagai wallpaper.

Sebenarnya sudah ada beberapa software yang bsa digunakan untuk membuat wallpaper ala kalender, misalnya menggunakan Webshot Dekstop, Ulead Photo Explorer, atau beberapa lagi yang lain. Namun bila ingin sesuai dengan keinginan kita, kenapa tidak buat saja sendiri. Berikut ini caranya untuk membuat gambar wallpaper sendiri dengan menggunakan Adobe Photoshop.

Langkah 1
Seperti biasa, buka program Photoshop, siapkan gambar yang akan digunakan sebagai pengisi kalender. Gunakan foto Anda sendiri, atau mungkin foto orang-orang yang Anda sayangi. Mungkin bisa menjadi surprise bagi yang sudah punya istri/kekasih/pacar jika tiba-tiba melihat fotonya menjadi wallpaper kalender di komputer Anda. Untuk contoh kali ini kugunakan sebuah gambar yang kalau tidak salah dulu pernah diupload di Flickr (tapi lupa siapa nama pe-ngupload-nya).

Langkah 2
Buat sebuah fle baru, caranya dengan memilih menu File > New. Pilih saja dari Preset size yang berukuran wallpaper. Untuk contoh kali ini saya pilih yang berukuran 800x600 pixel.

tutorial photoshop membuat kalender gambar 1
Langkah 3
Buka gambar atau foto yang akan digunakan sebagai pengisi kalender. Kemudian masukkan gambar tersebut kedalam file yang baru. Caranya, dengan menggunakan Move tool, geser gambar dari file sumber ke file target (lihat gambar ilustrasi tutorial dibawah)

tutorial photoshop membuat kalender gambar 2
Langkah 4
Atur posisi dan ukuran gambar agar sesuai dengan file kalender tersebut. Jika perlu, ubahlah ukurannya. Pilihlah menu Edit > Free transfrom, ubah ukurannya kemudian tekan Enter.

tutorial photoshop membuat kalender gambar 3
Langkah 5
Untuk variasi bentuk background, maka pada gambar ini kita buat agar seolah gambar model berbentuk melengkung. Untuk membua seperti itu, maka buatlah sebuah seleksi berbentuk lingkaran dengan Eliptical marque tools.

tutorial photoshop membuat kalender gambar 4
Setelah memilih tools ini, kemudian buatlah sebuah lingkaran seleksi pada gambar. Seperti contoh gambar ilustrasi tutorial dibawah ini, buatlah lingkaran dalam ukuran yang besar. Jika seleksi dirasa tidak sesuai ukurannya, ubahlah dengan memilih menu Select > Transform Selection.

tutorial photoshop membuat kalender gambar 5

Setelah seleksi jadi, kemudian pilihlah menu Select > Inverse. Ini digunakan untuk mengubah agar area seleksi menjadi terbalik.

tutorial photoshop membuat kalender gambar 6

Buatlah sebuah layer baru, dengan cara melakukan klik pada icon New Layer pada palet layer.
tutorial photoshop membuat kalender gambar 7

Isilah layer baru ini dengan sembarang warna. Pada contoh kali ini saya gunakan warna puih. Cara mengisi warnanya dengan memilih menu Edit > Fill. Pilih warna White kemudian klik OK.

tutorial photoshop membuat kalender gambar 8
Hilangkan seleksi dengan cara memilih menu Select > Deselect.

Langkah 7
Sekarang kita akan membuat kalendernya. Dari mana kita akan mencari kalender dengan mudah dan cepat? Lihat saja di pojok kanan bawah layer monitor, disitu nampak angka jam bukan? Klik dua kali pada angka jam tersebut sehingga muncul kotak dialog jam dan kalender. Aturlah agar kalender tersebut menunjukkan bulan yang akan kita buat kelendernya. Kemudian copy-lah tampilan layar monitor dengan menekan tombol Print Screen di keyboard.

tutorial photoshop membuat kalender gambar 9

Catatan: Jika gambar jam ersebut tidak nampak, maka untuk menampilkan kotak dialog kalender tersebut adalah dengan memilih dari tombol Start > Control Panel. Kemudian pilih dari icon Date and Time.

Kembali lagi ke layar Photoshop, kemudian pilih menu Edit > Paste. Sekarang buatlah seleksi berbentuk kotak dengan menggunakan Rectangular Marque tools. Buatlah seleksi tersebut untuk menyeleksi bagian kalendernya saja.

tutorial photoshop membuat kalender gambar 10

Setelah jadi seleksinya, pilihlah menu Edit > Copy. Kemudian pilih atau aktifkan lagi file yang kita kerjakan sebelumnya, yang mau kita jadikan wallpaper kalender. Pilihlah menu Edit > Paste untuk menerapkan kalender yang sudah di-copy tadi. Jika perlu, ubahlah letak dan ukurannya, dengan memilih menu Edit > Free Transfrom.

tutorial photoshop membuat kalender gambar 11

Sebagai variasi, Anda juga bisa memberikan bentuk/warna lain pada layer yang putih. Pada contoh dibawah ini, layer tersebut saya isi dengan texture menggunakan layer style. Untuk membuat seperti ini, pilihlah menu Layer > Layer Style > Pattern Overlay.

tutorial photoshop membuat kalender gambar 12
Untuk membuat agar kalender nampak menyatu dengan warna texture, pada layer kalender ubahlah blending option-nya menjadi Multiply.

tutorial photoshop membuat kalender gambar 13

Anda juga bisa menambahkan tulisan atau bentuk-bentuk lain pada gambar tersebut.

Misalnya pada gambar yang sudah jadi dibawah ini, saya tambahkan tulisan-tulisan pada sebelah kanan bawah dari gambar.

contoh tutorial photoshop membuat kalender
Gambar di atas ini sudah siap dijadikan sebagai wallpaper komputer. Demikian tadi tutorial untuk membuat wallpaper bergambar kalender dengan menggunakan Adobe Photoshop.

10 komentar:

indr@ mengatakan...

berguna bgt...

beby mengatakan...

bang.. bisa bantuin aku ga? gimana sih cara bikil pattern fotoshop sendiri?

iexbal mengatakan...

calender-na bisa otomatis jalan sendiri gak???
ato cuma 1 hari doank...
maksud-na tanggal-nya bisa berubah ndiri gak.hehehe

thanks...

Sadewo mengatakan...

Buat beby: Jawabannya agak panjang, sabar nunggu abang buatkan tutorialnya ya.

Buat iexbal: Sayang-na gak bisa. Kalo pengin yang bisa berubah sendiri, bikin aja pake Webshot Desktop. Tapi sepengalaman saya, komputer-na jadi agak lambat kalo memori-na kurang.

erwi mengatakan...

Buat Beby :
buat jha gambar sesuka lu yang akan dijadikan pattern, biz itu tgl klik EDIT>DEFINE PATTERN.truz save pake nama yang lu buat sendiri
klo mao pake tgl EDIT>FILL>PATTERN
pilih nama pattern lu td.
selesai dha,
moga2 jawabannya bener yha ^^

Sadewo mengatakan...

Buat Erwi dan BebyJawaban Erwi bener sekali. Thank yha ^^

Anonim mengatakan...

bang... sadewo..
aq maw tyk ma..abg.. kalau nich settingan kelender yg kita buat bisa ngk di jadikan klender duduk yg di cetakkan melalui print...pa hasilnya sama bgsnya dengan yg kita setting..

dari ucok anak medan..

Anonim mengatakan...

bang..sadewo....
boleh tnyk dikit...
boleh ngk yah.. clender yg kita setting di cettak dan di jadikan clander duduk ...tuk dirumah tw...di meja... pa, hasilnya sama jg bgsnya ma di komputer...

dari ucok anak medan

Sadewo mengatakan...

Buat ucok: Bisa saja, tapi kualitas cetaknya jadi turun karena resolusinya terlalu kecil untuk dicetak.

Jenjang mengatakan...

udah buat, klo pengen nyetak seperti kalender meja gmn ya