Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Minggu, 23 Maret 2008

Contoh efek foto robek

Gambar tutorial efek foto robekTutorial Photoshop yang sekarang ini untuk menampilkan gambar contoh desain , sebagai contoh pembuatan efek pada foto. Tujuannya untuk membuat efek foto yang terobek sebagian. Pada gambar ini saya gunakan foto saya sendiri waktu masih gondrong dulu (sekitar akhir tahun 2005). Saya mulai memanjangkan rambut sesudah lulus kuliah, sampai mau menikah baru potong rambut. Foto ini dulu saya ambil dengan tripod di kamar.

Pada gambar ini, foto saya potong menjadi dua bagian dengan seleksi kemudian diubah letak layernya sehingga nampak terpisah. Untuk membuat kesan lebih dramatis saya beri efek bayangan.

Langkah Membuat Efek Foto Robek


Langkah 1
Bukalah gambar yang akan Anda olah dengan Photoshop.

Tutorial Photoshop foto robek image 1


Langkah 2
Buatlah seleksi pada gambar dengan menggunakan lasso tool. Buatlah agar seleksinya memotong sebagian dari gambar hingga ke salah satu tepinya (piye ki le ngomongke ra jelas), lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar ilustrasi tutorial dibawah ini.

Tutorial Photoshop foto robek image 2
Langkah 3
Simpan hasil seleksinya, dengan memilih menu Select > Save Selection.

Tutorial Photoshop foto robek image 3


Langkah 4
Pilih channel hasil seleksi pada palet channel.

Langkah 5
Pilih menu Filter > Pixelate > Crystalize. Isikan nilai 3 (ukurannya bisa disesuaikan sendiri, namun jika slider digeser minimalnya tetap cuma 3). Klik OK. Tujuan langkah ini untuk membuat tepian seleksi menjadi tidak rata secara otomatis.

Tutorial Photoshop foto robek image 4


Langkah 6
Klik icon Load channel as selection.
Tutorial Photoshop foto robek image 5


Langkah 7
Klik channel RGB. Langkah 6 dan 7 ini tujuannya agar kita kembali ke channel seperti awal namun sudah mempunyai seleksi yang tidak rata.Langkah 8
Tekan Ctrl + J, tujuannya untuk membuat duplikat hasil potongan seleksi.

Langkah 9
Klik layer Background (yang masih merupakan foto asli dan belum dipotong). Tekan Ctrl + J. Ini akan membuat layer Background copy.

Tutorial Photoshop foto robek image 6


Langkah 10
Ctrl + klik pada nama layer 1 (yang merupakan layer hasil potongan). Layer yang aktif masih tetap pada layer Background copy.

Langkah 11
Sekarang tekan tombol Delete. Ini untuk menghapus area yang berada dalam seleksi. Kemudian hilangkan seleksi, dengan cara memilih menu Select > Deselect.

Langkah 12
Klik atau pilih layer Background. Isi layer ini dengan warna putih. Caranya dengan memilih menu Edit > Fill. Pada bagian Use=White, Opacity=100%.

Tutorial Photoshop foto robek image 7


Langkah 13
Aktifkan atau pilih layer 1. Atur ukuran dan posisinya dengan cara memilih menu Edit > Free Transform. Begitu juga dengan layer Background copy.
Tutorial Photoshop foto robek image 8


Langkah 14
Untuk menambah kesan hasil robekan, bisa ditambahi dengan efek bayangan. Pada tutorial Photoshop ini saya gunakan Layer > Layer style > Drop shadow.

Tutorial Photoshop foto robek image 9


Catatan: Jika Anda ingin seluruh gambar bisa ditampilkan sehingga bagian yang terputar pada langkah 13 tadi tidak nampak terpotong, caranya dengan Anda lakukan pilih menu Image > Reveal All.Berikut ini gambar hasil pembuatan efek foto robek.

Tutorial Photoshop foto robek image 10


Selamat mencoba dan berkreasi dengan Photoshop.

8 komentar:

© ROC — Rider Owners Club mengatakan...

Mas Sadewo,

Begitu saya menemukan dan membaca blog mas ini saya sangat tertarik sekali. Tulisan mas sangat membantu saya dalam menekuni photoshop. Cuma sangat disayangkan, saya tidak memiliki plugin eyecandy, jadi saya tidak bisa belajar banyak seperti di blog mas.

Untuk itu, bisa tidak saya minta plugin eyecandy-nya mas. Kalau bisa kirim saja by email di sugiarto.roc@gmail.com. Terimakasih.


Salam kenal
Sugi

Sadewo mengatakan...

Buat Sugi: Untuk mencari plugin-nya coba cari dulu di Google. Pasti ada. Atau di toko / persewaan CD terdekat pasti ada juga.
Menggunakan plugin itu bagus, tapi jangan diutamakan. Jangan sampai "ketagihan plugin", karena keenakan pakai plugin maka kita jadi lupa mengembangkan kemampuan kita sendiri. Itu yang sering saya rasakan.

zarra mengatakan...

Mas sadewo,.. aq pernah lihat artikel mas sadewo yang membuat sebuah foto dapat terlihat bersinar dan biasanya digunakan untuk foto2 pre wedding calon pengantin. Klo ga salah,.. diblur sedikit deh. Posting lagi dong artikel tersebut,..

Sadewo mengatakan...

Buat Zarra: Artikelnya ada di post yang Create Glowing Effect Photo. Penjelasannya memang kutulis singkat. Kapan-kapan kuupdate agar lebih panjang lagi.

green whillis mengatakan...

salam mas...
thanx banget artikelnya...
hehehheeh
saya jadi gak tidur ngerjain foto2 nih,,,,heheheh
eh mas tolong dong artikel"buat foto jadi patung dong"
klo ada mas tlg muat ato kirim ke mail saya yah
thanx mas
sukses slalu yah
selalu dibrkati keluarganya
GBU

Lunarin mengatakan...

wah,mbah duda gondrong tutornya mantep-mantep dan mudah di mengerti.
boLeh reQuest tutor waLpaper engga mbah duda gondrong ? trus cara gabungin 2 foto jdi satu tu kek mana ya mbah...btw aku ga Lahir seLasa kLiwon mbah, moga-moga cocok ya bLajar potosop. maap kLo kata-katanya aga nyinggung, cuma bcanda kok mbah tapi reQ na ga bcanda

Sadewo mengatakan...

@Lunarin: sudah pernah saya bahas di mbahdewo.com

triono mengatakan...

mbah tolong tampangnya di edit biar ganteng dikit kali aja luna maya mau ngelamr mbah...(hehehe u't' best)