Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Kamis, 10 April 2008

Efek Kertas Papirus

Gambar efek PhotoshopTutorial Photoshop kali akan saya gunakan untuk membuat sebuah efek kertas papirus. Sebenarnya efek ini sudah ada pada action milik Photoshop yang bernama Parchment Paper. Kita tinggal memilih actionnya saja jika ingin membuat efek ini. Jadi yang akan kita bahas kali ini adalah cara pembuatannya secara manual. Dengan mencoba action-action yang sudah ada, maka kita bisa sambil belajar cara-cara membuat efeknya, dengan harapan efek yag sudah ada bisa kita kembangkan sendiri.

Langkah pembuatan efek kertas papirus dengan Photoshop


Langkah 1
Buatlah sebuah file baru dengan Photoshop. Ukurannya terserah keinginan Anda.

gambar tutorial photoshop 1
Langkah 2
Pilihlah warna foreground agar menjadi coklat muda. Caranya klik icon foreground color di toolbox photoshop (yang biasanya berwarna hitam dan putih). Pada kotak dialog yang muncul, pilihlah warna R=204, G=191, B=167. Seperti gambar dibawah ini.

gambar tutorial photoshop 2
Langkah 3
Pilihlah warna background agar menjadi coklat tua. Pada kotak dialog yang muncul, pilihlah warna R=181, G=157, B=115. Seperti gambar dibawah ini.

gambar tutorial photoshop 3
Langkah 4
Pilih menu Filter > Render > Clouds

Langkah 5
Pilih meu Filter > Texture > Texturize. Pilih Canvas pada bagian Texture, Scaling=71, Relief=1, Light=Top Left.

gambar tutorial photoshop 4
Efek yang kita buat sudah jadi. Hasilnya seperti gambar dibawah ini.

gambar tutorial photoshop 5
Kertas ini bisa digunakan sebagai media untuk membuat tulisan-tulisan yang bernuansa tua dan sudah lama. Misalnya dibuat seperti dibawah ini.

gambar tutorial photoshop 6
Tulisan dibuat dengan warna hitam dan blending option-nya dibuat menjadi Overlay. Efek terbakarnya dibuat dengan Photoshop juga seperti pada tutorial yang dulu.

Selamat mencoba. Kalau susah, gunakan saja actionnya yang sudah disediakan Photoshop.

3 komentar:

Nurdin_TopDotCom mengatakan...

Materi tutorialnya bagus mas dewo, tapi belum sempat saya praktekkan. trims atas ilmunya.

tsuneo mengatakan...

keren tutorialnya bos

Sadewo mengatakan...

Buat Nurdin dan Tsuneo: Terima kasih atas komentarnya. Yang saya tulis pada tutorial tersebut di atas cuma ngambil dari Action default program Photoshop. Saya cuma membahas langkah-langkah pembuatannya saja.