Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Sabtu, 05 Juli 2008

Pengaturan feed

Melanjutkan postingan tip membookmark feed kemarin, kali ini saya coba menuliskan tutorial cara untuk mengatur tampilan feed pada blog. Feed yang dilihat dengan cara mengetikkan:
http://NAMABLOGANDA.blogspot.com/feeds/posts/default , secara umum akan menampilkan keseluruhan isi tulisan Anda. Baik itu tulisan, gambar, video, dan sebagainya. Namun itu bisa diubah sehingga hanya sebagian feed saja yang ditampilkan. Kenapa harus ditampilkan sebagian saja? Karena mungkin ada orang yang hanya akan membaca feed Anda tanpa harus mengunjungi situs blog Anda.

Tentunya Anda tidak mau bukan, kalau orang lain sama sekali tidak mengetahui blog Anda, bahkan mungkin tidak mengetahui siapa penulisnya, tapi sudah tahu seluruh isi blog Anda.

Lebih jauh lagi, ada yang bisa dikatakan "nakal" mengambil isi feed Anda secara otomatis untuk ditampilkan di situs lain. Hal seperti ini bisa dilakukan secara otomatis juga. Jadi setiap kali Anda mengisi / mengupdate blog Anda, otomatis situs yang mengambil feed itu juga terisi dengan sendirinya.

Oleh karena itu, ada baiknya feed tersebut kita buat hanya tampil sebagian saja, jadi kalau ingin membaca keseluruhan isi artikel maka tetap harus mengunjungi situs Anda.

Cara untuk mengatur tampilan feed tersebut adalah dengan:
Jika Anda menggunakan blogger, setelah Anda masuk ke Dashboard maka kliklah bagian Settings.

tutorial blogger feed 1
Setelah Anda berada pada menu Setting, klik Site Feed.

tutorial blogger feed 2
Disitu akan nampak gambar seperti ini,

tutorial blogger feed 3
yang menunjukkan pengaturan tampilan feed. Jika pilihan tersebut masih full, maka gantilah dengan Short.

tutorial blogger feed 4
Setelah itu klik Save Settings.

Nah sekarang cobalah untuk melihat tampilan feed Anda, dengan mengetik:
http://NAMABLOGANDA.blogspot.com/feeds/posts/default

0 komentar: