Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Senin, 15 Januari 2007

How to calibrate monitor by using Adobe Gamma


Adobe Gamma is a profiling software that can both calibrate and characterize your monitor. Calibrating your monitor brings it into compliance with a predefined standard; for example, adjusting your monitor so that it displays color using the graphics arts standard white point color temperature of 5000 degrees Kelvin. Characterizing your monitor simply creates a profile that describes how the monitor is currently reproducing color.

Monitor calibration involves adjusting the following video settings:
Brightness and contrast The overall level and range, respectively, of display intensity. These parameters work just as they do on a television. Adobe Gamma helps you set an optimum brightness and contrast range for calibration.
Gamma. The brightness of the midtone values. The values produced by a monitor from black to white are nonlinear—if you graph the values, they form a curve, not a straight line. Gamma defines the value of that curve halfway between black and white.
Phosphors. The substances that CRT monitors use to emit light. Different phosphors have different color characteristics.
White point. The color and intensity of the brightest white the monitor can reproduce.


Kalibrasi monitor dengan Adobe Gamma
Adobe Gamma merupakan program yang dapat digunakan untuk mengkalibrasi monitor, program ini biasanya sudah disertakan saat Anda menginstall Adobe Photoshop. Kalibrasi disini maksudnya adalah membuat agar monitor agar mampu menampilkan warna yang standar.
Setting monitor yang diatur pada saat mengkalibrasi monitor adalah sebagai berikut:
Brightness and Contrast, pengaturannya seperti pada televisi, yang tentu sudah biasa Anda lakukan. Program ini akan mengatur Brightness dan Contrast agar bisa optimal.
Gamma, merupakan pengaturan nilai range warna midtones.
Phosphors, merupakan substansi yang digunakan oleh monitor CRT.
White Point, menentukan intensitas terang warna putih.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

akhirnya saya temukan blog ini.. udah lama aku nyari blog keren kayak gini.. bro aku mo nanya boleh yak??tolong dibales yak comment akyu..aku binggung masukin download an brushes ke adobe photosop CS3 ku trus klo udh masuk aku bisa liat dimana thx a lot broo..

Sadewo mengatakan...

Buat allan: Biasanya file brush ada di folder Adobe\Adobe Photoshop\preset\brush. Filenya dengan extention abr, copy aja kesitu. Untuk meload ke photoshop, pilih Edit > Preset Manager. Kemudian klik segitiga kecil di kotak dialognya, pilih file-nya kemudian klik Load.

Atau pilih brush tool, kemudian pada option bar, klik segitiga kecil pada pilihan bentuk brush, pilih brush yang sudah ada disana.