Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Senin, 19 November 2007

Menyatukan foto jadi komik ala gathering adsense jogja

Acara gathering pada tanggal 17-18 November 2007 kemarin sudah selesai. Pada post kali ini akan saya sampaikan sedikit laporan acaranya. Ilustrasi gambar komik berikut ini adalah sedikit dari foto yang saya potret. Foto-foto yang lain nanti bisa dilihat pada Flickrbadge disamping (kalau sudah diupload, badan masih pegel karena tidur di kursi, koneksi juga baru lambat). Foto lainnya sudah diupload di Flickr. Pada post ini juga akan saya bahas tentang tutorial cara membuat gambar ala komik ini dengan menggunakan Adobe Photoshop. Namun jika anda sudah tidak sabar, ingin membaca tutorialnya, silahkan klik Membuat komik dengan Photoshop. Post kali ini juga sekalian buat nyoba trackback melalui blogspot, tau nih, jadi atau nggak.

tutorial membuat komik dengan photoshop

Biar Earning Dikit Yang Penting ng-Gaya

Para peserta adalah orang-orang yang tertarik dengan bisnis melalui internet, maupun orang-orang sudah berkecimpung lama. Jumlah peserta sekitar 40 orang, namun dikarenakan ada yang berhalangan, maka tidak semua peserta bisa mengikuti acara sampai akhir.

Acara dimulai sesudah maghrib dengan makan bersama, kemudian dilanjutkan dengan presentasi. Dengan moderator Ilham, materi presentasi yang pertama dilakukan adalah tentang blogging oleh Isnaini. Beliau juga membahas tentang Adsense, TLA, dan banyak tip sehat tentang mencari uang di internet.

Presentasi yang berikutnya adalah tentang mengoptimalkan search engine (SEO) oleh Pogung. Beliau menyampaikan tentang cara agar website/blog kita bisa cepat di-index oleh search engine, agar bisa cepat dikenal dan dikunjungi robot maupun orang.

Rangkaian presentasi pada malam itu diakhiri dengan materi Jomla oleh Yudish. Beliau mengenalkan dan mengulas apa itu jomla dengan beberapa kelebihannya. Tidak banyak yang bisa saya sampaikan pada materi yang disampaikan oleh beliau, karena waktu beliau presentasi, saya sedang di luar hall seminar, di lantai dasar sayap barat, mengupas jagung untuk acara berikutnya, yaitu bakar-bakar jagung.

Sementara membakar jagung, para peserta juga melakukan tanya jawab dengan para master tadi. Sampai kira-kira tengah malam, acara masih berlangsung dengan santai hingga ... nggak tahu lagi, karena begitu saya sadar, sudah pagi dan ... dingin.

Acara pagi sampai siang adalah makan-makan, nonton video 3gp tentang SEO (...kayaknya, karena bahasa Inggris, nggak ada terjemahannya juga). Main bola, ini juga kayaknya (saya nggak tahu karena tidur lagi). Acara diakhiri dengan makan (lagi), dan berfoto bareng.

Bagi para publisher adsense ataupun yang baru tertarik, silahkan datang pada Hari Jumat malam di angkringan bunderan UGM. Seminggu sekali kami mengadakan pertemuan rutin, ngobrol bareng dan santai disana.

MEMBUAT KOMIK DENGAN PHOTOSHOP

Beberapa foto yang sempat kupotret dengan kameraku pada acara tersebut kubuatin seperti komik. Mungkin Anda juga ingin membuat sendiri komik dari kumpulan foto-foto Anda. Cara ini sebenarnya mudah dilakukan dengan Adobe Photoshop. Caranya seperti berikut ini:

Langkah 1
Bukalah program Adobe Photoshop. Kemudian buatlah sebuah file baru. Lakukan ini dengan memilih menu File > New. Ukuran file terserah Anda, usahakan agak besar karena akan digunakan untuk diisi banyak gambar. Resolusi sesuai kebutuhan Anda, masih ingat tentang resolusi kan?


Langkah 2
Bukalah foto-foto yang akan Anda gunakan. Masukkan foto tersebut kedalam file baru yang sudah dibuat pada langkah pertama tadi. Cara memasukkannya dengan menggunakan Move tool tariklah gambar dari file sumber ke file baru tadi.

Langkah 3
Jika ukuran fotonya kurang sesuai, bisa dirubah ukurannya. Lakukan dengan memilih menu Edit > Free Transform. Keterangan lain tentang pengubahan ukuran ini bisa dibaca pada post yang judulnya Free Transform dengan Warp Mode.

Jika ada salah satu bagian gambar tidak kelihatan, misalnya seperti pada contoh gambar komik diatas ada bagian gambar yang terpotong miring, Anda bisa memotong gambar tersebut dengan Polygonal Lasso Tools. Anggaplah tool ini sebagai sebuah gunting yang bisa Anda gunakan untuk memotong foto tersebut.


Cara menggunakan tool ini, kliklah titik awal satu kali, kemudian kliklah titik potong kedua, begitu seterusnya sampai melingkupi seluruh area yang akan dipotong dan Anda kembali ke titik awal. Dengan cara ini Anda sudah membuat sebuah seleksi pada gambar.

Area yang ada pada seleksi bisa dipindah langsung ke file yang lain dengan move tools.


Atau bisa juga dihilangkan. Untuk menghilangkan gambar dalam seleksi tersebut, tekanlah tombol Delete pada keyboard. Setelah itu, hilangkan seleksi dengan cara memilih menu Select > Deselect atau menekan Ctrl + D.

Ulangilah memasukkan foto-foto tersebut pada semua foto yang anda perlukan.

Langkah 4
Untuk membuat sebuah kotak dasaran atau call out untuk menampilkan tulisan, Anda bisa membuatnya dengan Rectangle atau Custom Shape yang ada pada tool box Photoshop.


Setelah Anda memilih Rectangle atau Custom Shape, untuk mempermudah pengerjaan, pilih juga Shape layer di option bar (lingkaran merah 1). Jika Anda memilih Cutom shape tools, maka disebelah tengah dari option bar terdapat pilihan untuk memilih gambar-gambarnya (lingkaran merah 2). Kemudian pilihlah gambar yang diinginkan pada flyout yang muncul (lingkaran merah 3). Namun jika gambar yang diinginkan tidak muncul, bisa dicoba dulu dengan melakukan klik pada segitiga kecil (lingkaran biru 4), pilihlah All untuk memunculkan semua gambar yang disediakan Photoshop.


Setelah Anda membuat sebuah shape layer berdasarkan gambar pada Custom Shape, jika gambar tersebut belum sesuai bentuknya, misalnya gambar ujung kotak Talk tidak mengarah pada orang yang diinginkan, maka cara mengatur ulang bentuk custom shape ini adalah menggunakan Direct Selection Tools. Tool ini bisa digunakan untuk mengubah letak dari tiap-tiap titik anchor pada shape layer tersebut.

Langkah 5
Untuk membuat tulisannya, Anda tinggal memilih Type tools, kemudian klik pada tempat yang akan Anda beri tulisan.

Selamat mencoba.

1 komentar:

jemiro mengatakan...

wah, ini yang
saya cari, kok saya cari buble say nya ga ketemu2 yah :D heheh