Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Selasa, 12 Februari 2008

Ayo Membuat Blog

Artikel-artikel tutorial photoshop ini merupakan sebuah blog. Apa itu blog? Bedanya apa dengan website? Sebenarnya sama-sama menunjukkan halaman dengan tampilan gambar dan keterangan di internet. Kalau bedanya, dari Wikipedia, didapat keterangan seperti ini:

Blog adalah sebuah website yang isinya ditampilkan berdasarkan urutan kronologis yang terbalik. Lebih lanjut tentang blog, silahkan dibaca di sini. Sedangkan Website adalah suatu kumpulan yang menampilkan halaman tulisan, gambar, video, maupun media digital lainnya pada sebuah web server. Dan sekali lagi, silahkan baca keterangan lebih lanjut di sini.

Kalau menurut seorang pakar SEO, sebuah Blog = Web + Log. Jawabannya singkat dan penuh arti, karena waktu saya chat menanyakan ini, beliau sedang sibuk coding situs web-nya (sori ngganggu mas).

Ada banyak situs yang menawarkan blog gratisan. Bagi Anda yang punya account di friendster (jaman sekarang siapa yang nggak punya), bisa juga membuat blog. Tapi jika memang nggak punya account friendster, layanan blog gratis yang lain masih banyak. Tapi tiap layanan blog punya kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

gambar logo bloggerBlog tutorial photoshop ini menggunakan layanan blog gratis dari Blogger. Untuk menggunakan layanan ini, kita tinggal mendaftar di Blogger dengan mengisikan beberapa form isian, termasuk alamat email kita. Jika sudah mempunyai Google account seperti email di Gmail atau layanan Google yang lain, kita bisa langsung menggunakan ID kita tersebut. Blogger selalu menambahkan fasilitas-fasilitas baru yang bisa digunakan pada blog kita. Namun karena blog ini gratisan, tentunya fasilitasnya tidak selengkap kalau kita membeli nama domain / hosting sendiri. Tapi seperti kata pepatah Jawa "nek wis dinei ati, ojo terus ngrogoh dompet rempela".

Menggunakan blog yang gratis seperti ini, untuk saya sendiri banyak keuntungannya, salah satunya karena biasanya selalu disertai template siap pakai. Mempermudah bagi saya yang termasuk awam tentang bahasa CSS dan HTML.

Dulu waktu pertama membuat blog ini, saya bertujuan ingin mengikutsertakan dalam program periklanan google adsense. Kemudian setelah beberapa waktu, saya diberi nama subdomain sekaligus hosting gratis dari Smile Group, sebagai salah satu dari fasilitas-fasilitas yang diberikan untuk para karyawan dan staf pengajarnya. Situs yang saya gunakan untuk program periklanan adalah yang dengan subdomain smilejogja.

Sementara itu, situs Tutorial Photoshop yang menggunakan Blogger ini, karena sudah tidak perlu berbahasa Inggris (adsense tidak boleh digunakan pada situs yang bahasa utamanya Indonesia), maka materinya saya ganti dengan berbahasa Indonesia, dan waktu itu dalam benak saya cuma akan digunakan sebagai blog pribadi sekaligus saya isi dengan panduan / materi tambahan bagi siswa desain grafis saya. Waktu itu, saya ragu apakah sebuah blog gratisan bisa terkenal dan mendapat ranking bagus di search engine.

Sekitar bulan November 2007 kemarin, blog ini berada di posisi pertama search engine Google untuk kata kunci "tutorial photoshop", dan bertahan selama hampir 1 bulan. Kemudian mulai naik turun terus hingga posisi 5. Sampai kemarin saya cek lagi, Alhamdulillah sudah di urutan pertama lagi, tidak tahu bakal sampai kapan bertahan di posisi pertama.

gambar posisi tutorial photoshop

Walaupun dulu tujuannya untuk referensi siswa-siswa saya saja, namun setelah tahu bahwa ternyata indeks-nya di search engine bagus, saya jadi tambah penasaran. Bisakah blog gratisan bersaing di search engine? Ternyata memang bisa, karena search engine tidak memandang situsnya gratisan atau berbayar. Jadi ingat, saya dulu pernah beli domain / hosting dari uang pemberian kakakku, mas Budi. Pernah juga diberi hosting sama mas Isnaini, disuruh mbayar belakangan, tapi sampai sekarang belum juga kubayar.

Bagi yang sekarang belum punya blog, ayo bikin blog. Isi blognya disesuaikan dengan keinginan Anda sendiri. Misalnya, karena saya senang ngedit gambar digital, maka saya buat blog tentang cara mengolah gambar dengan Photoshop. Cari apa yang Anda senangi ataupun apa saja yang ingin ditulis, tentunya yang sesuai TOS layanan blog tersebut.

Bagi yang sudah punya blog, ayo diisi terus artikelnya. Jika blog Anda belum di-indeks bagus oleh search engine, bukan karena artikel Anda jelek, cuma belum aja, semua butuh waktu. Blog saya, yang di urutan pertama search engine inipun belum tentu isinya bagus semua. Jadi nggak usah perdulikan dulu indeks-nya, yang penting bersemangat menulis dulu.

1 komentar:

Blogparus mengatakan...

ya betul sekali, tulis apa dulu apa yang mau ditulis tapi jangan asal nulis ya.. tulis makalah yang punya bobot, atau pengalaman naik gunung misalnya, atau lainlah terserah, jangan lupa buka blog lain untuk pembelajaran juga.

Ayo soemangat 2009 (bukan semangat45 wah da basih dong). Hari ini tentukan langkah dan tujuan ke depan. Good Luck moga berhasil teman-teman.