Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Senin, 11 Februari 2008

Arti Sistem Warna Rainbow Flag

gambar tutorial arti warnaPada tutorial Photoshop sebelumnya, kubahas tentang warna-warna yang bisa dipilih pada pengaturan warna menu Photoshop. Dulu waktu pertama kali kutemukan warna-warna tersebut, tidak kusadari kalau ternyata warna-warna tersebut mempunyai makna sendiri. Kemudian pada saat kubuat postingan tutorial tersebut, saya ingat pada sebuah buku yang judulnya Design for Web Developers: Colours and Layout for the Artistically Overwhelmed yang ditulis oleh Linda Goin. Ini buku bagus tentang pewarnaan dan tata layout yang juga ditujukan bagi para desainer grafis untuk mengembangkan segi artistik dan keefektifan sebuah halaman situs internet.

gambar foto linda goinLinda Goin adalah salah satu dari 15 peraih penghargaan dari Colorado Press Association, yang juga meraih beberapa penghargaan seni dan desain grafis. Beliau juga melakukan interview tentang situs The Wall st. Journal, Chicago Tribune, Pscychology Today, dan L.A. Times. Selain desain grafis, beliau juga ahli dalam hal musik (piano) hingga desain pakaian. Wis pokoke moco bukune wae, ning.. boso Inggris (udah, baca aja bukunya, tapi.. berbahasa Inggris).

Warna-warna yang ada pada pilihan pengaturan menu Photoshop tersebut: adalah Merah, Orange, Kuning, Hijau, Biru, Ungu dan Abu-abu. Warna-warna ini mirip dengan sistem warna yang disebut The Gay Pride Rainbow Flag.

gambar tutorial arti warna 1
Sistem warna ini dikembangkan oleh seorang seniman San Francisco yang bernama Gilbert Baker pada tahun 1978. Warna-warna yang senada juga digunakan di negara-negara Amerika sebagai tanda peringatan pada Homeland Security Advisory System.

Sedangkan arti warna-warna pada sistem The Gay Pride Rainbow Flag tersebut adalah:

  • Merah: Kehidupan
  • Orange: Kesehatan
  • Kuning: Matahari
  • Hijau: Alam
  • Biru: Keseimbangan
  • Ungu: Jiwa

Dalam beberapa game komputer yang pernah saya mainkan, warna-warna tersebut juga ada, biasanya diwujudkan dalam tombol-tombol yang melambangkan tingkat bahaya, ataupun tingkat kesulitan. Bisa dilihat pada ilustrasi gambar tutorial dibawah ini.

gambar tutorial arti warna 2
Mungkin pembuatnya juga mengadaptasi sistem warna pada Homeland Security Advisory System. Sistem ini menggunakan warna Merah (Severe), Orange (High), Kuning (Elevated), Biru (Guarded), dan Hijau (Low).

Lantas, kenapa Adobe Photoshop menggunakan sistem warna yang mirip dengan sistem warna dari Gilbert Baker? Walaupun tidak seluruhnya, karena ada tambahan warna abu-abu disana. Mungkin untuk mencari warna yang sudah secara umum muncul dalam persepsi psikologis manusia.

Sedangkan kalau menurutku sendiri, mungkin untuk melambangkan warna dari menu Photoshop tingkat bahaya (maksudnya perlu perhatian khusus saat menggunakan) hingga tingkat aman (menu Photoshop yang biasa dan mudah dipakai, misalnya Open, New, dan sebagainya). Sedangkan warna abu-abu, mungkin tujuannya untuk menu-menu yang jarang digunakan. Semuanya hanya mungkin, karena penggunaan warna akan tergantung dari keinginan dan selera Anda sendiri.

Selamat belajar, dan mari kita warnai tampilan menu program Photoshop kita.

1 komentar:

veebi mengatakan...

mas// aku ko bebel ya belajar PS
ga bisa2...