Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Jumat, 28 Maret 2008

Belajar Photoshop dari majalah

Gambar majalah PhotoshopApakah Anda suka membeli majalah komputer? Jika jawabannya Ya, pasti Anda sering menemukan artikel-artikel tips di majalah tersebut. Diantara tips yang terdapat di sana biasanya ada artikel tentang Photoshop. Kebanyakan artikel-artikel tersebut berisi efek-efek yang bagus. Walaupun cuma ada 1 hingga 3 artikel, namun jika tersedia tiap minggu/bulan maka hal tersebut akan sangat menambah perbendaharaan kita.

Saya sendiri dulu kalau membeli majalah, biasanya yang dibeli adalah Game21, karena dulu memang hobi main game komputer. Saya jarang membeli majalah yang khusus komputer, namun bisa punya banyak. Itu karena kakak saya yang di Jakarta (Mas Budi) hobi dengan komputer dan sering membeli majalah-majalah komputer. Biasanya setelah banyak, katanya sampai rak-nya tidak muat, majalah-majalah tersebut dikirimkan dengan paket pos buat saya.

Gambar majalah Photoshop 2Baru akhir-akhir ini, setelah saya mulai bisa menyisihkan sebagian penghasilan, saya rutin membeli majalah komputer. Biasanya yang sekarang selalu saya beli adalah majalah PC Media. Bukan semata-mata karena mencari artikel Photoshop ataupun informasi komputer lainnya, tapi karena dalam pembelian majalah tersebut saya juga mendapatkan program anti virus PCMAV (yang sekarang sudah sampai pada versi 1.1).

Kenapa tidak mendownload saja, kan ada banyak ya? Saya membeli majalahnya sekalian karena saya pikir kalau membeli majalahnya saja cuma Rp. 15.000 (yang versi kecil), kenapa harus mencari download-nya. Saya ingin menghargai para pembuat program ini atas jerih payah mereka. Kecuali kalau memang harga programnya mahal, jauh dari jangkauan daya beli saya, baru mencari download-tan program yang mungkin ilegal (salahe dewe regane larang).

Selain PC Media, masih banyak majalah dan buletin yang menyediakan artikel tutorial photoshop. Misalnya Chip, Komputer Aktif, PC Plus, PC Mild, PC Magazine, Computer Easy, Info Komputer, dan masih banyak lagi lainnya. Dan jangan lupa dengan majalah yang memang khusus membahas tentang Photoshop, misalnya seperti Photoshop Made Easy, atau Digital Photography Made Easy.

Efek-efek yang ditulis dalam majalah-majalah tersebut biasanya bagus-bagus, walaupun tehnik pembuatannya kadang hanya menuliskan cara-cara praktisnya saja. Misalnya tentang pembuatan seleksi, biasanya hanya menggunakan lasso atau magic wand. Padahal kita tahu bahwa pembuatan seleksi dengan tool-tool tersebut adalah sangat susah dilakukan untuk mencapai hasil yang akurat. Namun hal tersebut bisa kita maklumi bahwa mungkin dalam tiap penerbitan majalah tersebut ada aturan tentang jumlah halaman dan tulisan, sehingga hanya menuliskan cara praktisnya saja.

Tetap saja akan bermanfaat sekali kalau kita membaca..dan membeli majalah-majalah tersebut. Kita akan bisa menambah perbedaharaan efek-efek yang bisa kita lakukan dengan Photoshop. Seperti yang dikatakan oleh mantan istriku dulu (dia hobi membaca dan mengoleksi buku-buku):

Kita tidak akan rugi jika membeli buku/majalah yang penuh informasi, itu adalah aset kita dalam belajar.

Jadi marilah kita sama-sama menyisihkan sedikit uang untuk membeli majalah-majalah komputer / Photoshop. Selamat berburu majalah, siapa tahu ketemu orang kurus pakai jaket kulit dengan wajah memelas di kios majalah, itu mungkin saya sedang nyang-nyangan (menawar harga) majalah.

0 komentar: