Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Minggu, 16 Maret 2008

Cara menggabung gambar

Pada tutorial Photoshop kali ini akan saya bahas tentang cara menggabung gambar. Penggabungan gambar yang dimaksud di sini adalah gambar yang nampak melebur satu sama lain di salah satu sisinya.

Ada beberapa cara / tehnik dalam Photoshop yang bisa digunakan untuk membuat efek penggabungan seperti ini. Misalnya seperti saat menggunakan photomerge, atau feather. Yang akan saya bahas dalam tutorial ini adalah yang menggunakan layer mask.


Langkah penggabungan gambar dengan layer mask


Langkah 1
Bukalah sebuah gambar dengan Photoshop (File > Open).

Langkah 2
Pastikan bahwa merupakan sebuah layer yang tidak terkunci (bukan layer Background). Misalnya seperti pada gambar dibawah ini.

Gambar posisi palet layer
Lihat pada palet layer, jika di sebelah kanan dari nama layer nampak gambar gembok / kunci, berarti layer itu dalam kondisi terkunci (biasanya selalu ada pada layer background).

Gambar background photoshop
Untuk menghilangkan gambar kunci tersebut, caranya dengan melakukan klik 2 kali pada nama layernya. Kemudian klik OK pada kotak dialog yang muncul. Secara default, nama layernya akan berubah menjadi layer 0 (bisa juga namanya Anda ganti sendiri).

Tutorial menggabung gambar 1
Langkah 3
Kita akan membuat penggabungan gambar, maka pastikan dalam file yang sedang Anda kerjakan ada dua buah layer gambar. Jika baru ada satu gambar? Ya buka dulu gambar lain, kemudian masukkan ke file yang kita kerjakan dengan move tool.

Langkah 4
Pilih layer yang posisinya di atas, kemudian klik icon Add Layer Mask ( letaknya di sebelah bawah pada palet layer).

Tutorial menggabung gambar 2
Langkah 5
Pilih Gradient tool di toolbox Photoshop. Kemudian di Option bar, pilih warna gradasi hitam putih.

Tutorial menggabung gambar 3
Langkah 6
Klik dan geser pointer gradient tool tadi pada gambar Anda. Jika hasilnya kurang sesuai, ulangi lagi langkah klik dan gesernya. Tidak perlu di-undo dulu, karena langkah pembuatan warna gradasi ini akan langsung menimpa langkah sebelumnya.

Tutorial menggabung gambar 4
Mudah kan. Variasikan juga dengan arah gradasi yang berlawanan. Jika tadi membuat gradasi dari kiri ke kanan, coba sekarang dari kanan ke kiri. Hasilnya adalah bentuk transparan yang berbeda. Kenapa bisa begitu? Coba baca prinsip penggunaan layer mask pada artikel tutorial yang ini.

Tutorial menggabung gambar 5Pada option bar, selain gradasi mode Linear, ada juga bentuk Radial, Angle, Reflected, dan Diamond. Bentuk-bentuk ini bisa digunakan untuk membuat variasi gradasi yang lainnya.

6 komentar:

Anonim mengatakan...

keren,,,boss...tambah terus tutor lainnya,,,sederhana,mudah dipelajari,,hasil keren,,,terima kasih,,,by ravi

Anonim mengatakan...

Mas Dewo, terima kasih banyak tutorialnya, saya link ya....
saya cari yang basic basic begini ini buat anak saya.
praboto.wordpress.com

Anonim mengatakan...

terima kasih banyak tutorialnya.

satria.yudhistira@yahoo.co.id mengatakan...

mas aku baru belajar photoshop[ aku tertarik dengan tut ini
tapi kenapa gak bisa jadi ya
gak tampil seperti yang mas buat
tolong kasih petunjuk
terima kasih

Anonim mengatakan...

mksh banget tuk tutorialnya, g' th aq hars mmbls pake ap, cum dpt berhrap moga amal baik anda di terima oleh Sang Maha Esa, Tuhan semesta alam. N mudh2an banyak manfaatnya, amin.
makasih bangt tuk semuanya.

anto mengatakan...

bagus banget mas, tapi aku mau tanya kalau gradasinya dari atas kebawah atau sebaliknya, pakai tool yang mana ya? aku lagi bingung nih.
tolong di bantu ya