Materi Photoshop dalam blog ini sudah pindah dan dilanjutkan ke Belajar Tutorial Photoshop. Komentar dan pembahasan tentang Photoshop juga akan diteruskan di sana. Informasi lebih lanjut tentang kepindahan ini bisa dibaca di sini. Untuk selanjutnya, blog ini akan diisi dengan artikel-artikel dengan materi bahasan lain.

Selasa, 23 Desember 2008

Pentingnya mempunyai halaman About

Pentingnya mempunyai halaman AboutKalau kita membuka situs-situs di internet biasanya kita dapati beberapa halaman seperti About, Contact, Privacy, dan sebagainya. Tautan ke halaman-halaman tersebut kadang ditampilkan agak bawah dan kecil, namun kadang juga nampak jelas bila dibandingkan dengan komposisi halaman lainnya.

Seperti judul postingan ini, seberapa pentingkah halaman-halaman tersebut?

Bagi saya sendiri, halaman seperti yang saya sebutkan diatas sangatlah penting.

Dengan mempunyai halaman About kita bisa memberikan informasi tentang kita sendiri sebagai penulis blog. Membuat blog itu mudah sekali, gratis, dan semua orang bisa membuatnya dengan hanya beberapa menit saja. Apalagi jika membuat blog pada layanan gratisan seperti blogger.com ataupun yang lainnya, blog bisa dibuat tanpa ada informasi / identitas pembuat blog.

Berbeda dengan situs yang dengan nama domain berbayar. Untuk membelinya, biasanya kita harus mengisikan nama dan alamat kita. Informasi orang yang membeli domain bisa dilihat dari whois-nya.

Dengan kekaburan identitas maka akan membuat orang cenderung merasa bebas untuk menulis apapun. Maka untuk menjaga dan melatih kita agar selalu menulis hal-hal yang positif, dan bertanggung jawab atas tulisan kita, informasi About dan Contact sangatlah diperlukan. Buat apa kita merahasiakan siapa kita sebagai penulis blog kalau tulisan kita yang ada di internet saja dibaca orang banyak.

Kalau saya sedang membuka blog lain dan ada artikel / postingan yang menarik biasanya saya baca dulu satu dua postingannya kemudian saya lihat halaman Aboutnya. Siapakah penulis blog tersebut.

Halaman about dan contact kadang dipisahkan, namun ada juga yang membuatnya menjadi satu halaman. Halaman contact sangatlah perlu, agar jika ada para pembaca blog yang ingin menghubungi kita bisa dilakukan dengan mudah. Akan lebih baik jika alamat tidak hanya berupa email, namun juga disertai alamat fisik (alamat rumah), lebih bagus lagi jika ada nomor telpon.

Tentang email, kadang ada juga kekhawatiran akan di-spam orang atau disalah gunakan. Biasanya itu bisa diantisipasi dengan mengganti karakter @ dengan tulisan at, titik dengan tulisan dot. Namun entah cara seperti itu bisa benar-benar efektif atau tidak.

Sedangkan halaman Privacy, TOS dan sejenisnya akan bisa membuat pemilik blog memberikan beberapa aturan / ketentuan yang diinginkan.

Lebih bagus lagi jika ada halaman FAQ (Frequently Asked Questions), terutama jika ada materi blog yang seringkali ditanyakan.

Terus bagaimana caranya membuat halaman-halaman tersebut kalau kita menggunakan blogspot yang tidak mempunyai fasilitas halaman baru? Alternatifnya adalah dengan membuat postingan sendiri dengan isi halaman-halaman yang ingin dibuat tersebut. Kemudian buat sebuah tautan dari sidebar / footer atau sesuka Anda, asal mudah dilihat para pembaca blog ke url postingan tersebut.

*) NB
Dalam blog ini memang tidak saya buatkan halaman-halaman tersebut, jadi untuk informasi About, Contact, TOS saya jadikan satu di MbahDewo.com, sejak materi Photoshopnya saya pindah kesana.

3 komentar:

dommjaketkulit mengatakan...

hi bang..ikut komen ya..salam kenal aja..semoga tips dan semua yang diberikan di blognya bisa bermanfaat..oy (newbie) nih

Rendy BlogHeboh "Blog Dofollow" mengatakan...

Artikelnya bagus dan menarik, asik ni buat dibaca-baca..
hehehe..

ngomng2 silahkan berkunjung ke BLOG HEBOH dan berkomentar ria ya, soalnya BLOG HEBOH make sistem Dofollow

Oh iyah satu lagi gabung jadi pengikut saya yah..
Di tunggu yah kedatangannya,.

http://blogheboh.blogspot.com/

Kharianto mengatakan...

Tips mantaf kang,,, thanks,,,